Saturday, October 31, 2015

Penghuni Bumi Pertama, Makhluk Sebelum Nabi Adam as.

Mungkin dalam hati pernah terbesit pertanyaan: 

Siapakah makhluk sebelum Nabi Adam as.?



وَإِذْقَالَ رَبُّكَ لِلْمَلاَئِكَةِ إِنِّى جَاعِلٌ فِى الْأَرْضِ خَلِيْفَةً قَالُوْا أَتَجْعَلُ 

فِيْهَا مَنْ يُفْسِدُ فِيْهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُكَ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ 

قَالَ إِنِّي أَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُوْنَ


Latin:
wa-idz qaala rabbuka lilmalaa-ikati innii jaa'ilun fii al-ardhi khaliifatan qaaluu ataj'alu fiihaa man yufsidu fiihaa wayasfiku alddimaa-a wanahnu nusabbihu bihamdika wanuqaddisu laka qaala innii a'lamu maa laa ta'lamuuna

Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan di muka bumi itu seorang khalifah.” Mereka berkata: “Apakah Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku lebih mengetahui apa yang tidak kalian ketahui.” (QS al-Baqarah [2]: 30)

English:2:30. And when thy Lord said unto the angels: Lo! I am about to place a viceroy in the earth, they said: wilt Thou place therein one who will do harm therein and will shed blood, while we, we hymn Thy praise and sanctify Thee? He said: Surely I know that which ye know not.


Sebelum Nabi Adam as. pindah ke bumi, diceritakan bahwa yang menempati bumi ini adalah bangsa jin, yang dikelompokan menjadi abal-jan dan banul-jan. Dua kelompok tersebut bertempur terus, tidak pernah bersahabat. 

Kemudian malaikat bertanya kepada Allah apakah akan membuat orang untuk menjadikan kholifah dibumi yang selalu yasfiquddima (bertumpahan darah), akhirnya Allah memerintahkan ‘azajil bersama para malaikat, untuk menaklukkan abal jan dan janul jan di bumi ini.

Setelah ditaklukkan, Allah menciptakan Nabi Adam as., yang kemudian diberi ilmu oleh Allah karena tujuannya untuk menjadikan kholifah dibumi, setelah itu diuji di antara para malaikat dan 'azazil, ternyata yang lulus adalah Nabi Adam as., akhirnya semuanya diperintah Allah untuk sujud penghormatan kepada Adam as.

“fasajaduu illa Iblis”, semuanya sujud kecuali ‘azajil (bangsa Iblis) mereka sombong dan membangkang “aba wastakbaro”.

Manusia tidak diciptakan di bumi, tapi manusia dijadikan khalifah (viceroy) di bumi. Adam as. bukanlah  makhluk pertama di bumi, dan Allah tidak mengatakan untuk mengganti manusia sebelumnya, tapi mengganti makhluk di bumi, yaitu abal jan dan banul jan, mereka itu adalah penghuni bumi sebelum manusia.

Bentuk lahiriahnya pun tak jauh berbeda dengan manusia, maka anda bisa buktikan bahwa makhluk selain manusia, punya badan yang sama seperti manusia, yaitu banul jan, anak turun Jin, juga banul ban anak turun dedemit, maka ketika bumi rusak oleh mereka, mereka diusir bahkan dibasmi oleh malaikat, hingga mereka berlari terbirit-birit dan mencari tempat yang jauh dari anak Adam.

Kalau dari segi Archeology: 

Berdasarkan fosil-fosil yang ditemukan, memang ada makhluk lain sebelum manusia. Mereka seperti manusia, tetapi mempunyai karakteristik yang lebih primitif. Otak mereka lebih kecil. Oleh karena itu, kemampuan mereka berbicara sangat terbatas karena tidak banyak suara vowel yang mampu mereka bunyikan. Kelompok ini dinamakan Neanderthal.

Kemudian datanglah manusia Adam yang diklasifikasikan sebagai Homo Sapiens. Ada teori yang mengatakan Neonderthal lenyap sebelum Homosapiens muncul. Tapi yang pasti, Homosapiens bukanlah evolusi dari Neanderthal. Neanderthal hanyalah makhluk seakan manusia yang telah ada sebelum kita (manusia Homo sapiens) ada. 


No comments:

Post a Comment